SAMPEK ENGTAY

 

27 Agustus s/d 13 Sep. 1988 - 18 hari

GEDUNG KESENIAN JAKARTA

 

SINOPSIS

Dengan berbagai cara Engtay berhasil meyakinkan kedua orangtuanya bahwa sekolah itu baik bagi dirinya. Ia pun pergi ke Betawi dan bertemu Sampek. Engtay ditempatkan dalam satu kamar dengan Sampek, karena tidak seorang pun menyangka bahwa Engtay adalah perempuan. Maklum ia menyamar menjadi laki-laki.

Cintapun tumbuh dan hampir saja Engtay menyerahkan dirinya kepada Sampek yang akhirnya tahu juga ia perempuan. Engtay berterys terang kepada Sampek lantaran ia geregetan terhadap kejujuran – yang disebutnya sebagai kebodohan – lelaki muda itu. Bayangkan sudahhampir satu tahun Sampek tetap tidak mengira bahwa selama ini ia tidur satu ranjang dengan seorang gadis.

Tapi cinta Sampek ditakdirkan tidak kesampaian karena tepat pada saat ia siap bercumbu, Engtay dipanggil pulang untuk dinikahkan dengan tunangannya, Ma Tjoen. Sampek pun merana dan sakit cinta menyebabkan ia mati. Ia dikubut dengan tanda-tanda seperti yang diminta oleh Engtay : kuburan di sebelah timur dan menghadap ke barat, bongpay (batu nisan) warna biru dengan tulisan nama pemuda itu tertatah jelas.

Ketika Ma Tjoen berhasil memboyong Engtay ke Rangkasbitung dengan tandu pengantin, Engtay memohonkan sebuah permintaan : ziarah ke makam Sampek untuk sembahyang. Dasar Jodoh, ketika upacara sembahyang itulah kubur Sampek terbuka. Lalu Engtay melompat ke dalam kubur, menyatu bersama kekasihnya. Ma Tjoen marah bukan main. Ia membongkar kuburan. Tapi baik jasad Sampek maupun Engtay tidak terdapat dalam kuburan itu. Sebagai gantinya, di situ ada sepasang batu biru, sepasang tawon kuning dan sepasang kupu-kupu yang langsung terbang menuju langit.

Lakon klasik Cina ini disadur oleh N. Riantiarno dan dipindahkan peristiwanya ke daerah Banten. Struktur ceriteranya tidak mengalami perubahan dari lakon aslinya, hanya ada beberapa penambahan sebagai ‘kembang lakon’ dengan mengingat bahwa kisah SAMPEK-ENGTAY banyak sekali versinya. Lakon itu dalam ludruk, misalnya, berbeda dengan lakon yang dimainkan dalam drama gong di Bali. Juga  berbeda dengan ketika lakon ini dipanggungkan oleh Dardanella atau Opera Bangsawan pada awal abad ke-20.

Dalam lakon versi TEATER KOMA, Engtay adalah gadis kelahiran Banten yang tinggal di Serang. Sampek asal Pandeglang dan Ma Tjoen, tunangan Engtay, anak Kapten Cina dari Rangkasbitung. Musik pun digarap secara gado-gado. Unsur Cina, Sunda, Betawi dan bunyi-bunyi ‘masa kini’ berbaur dan menciptakan harmoni yang unik. Ini sah saja. Sebagai contoh : ketika lakon ini di-Jawa-kan oleh sebuah grup (direkam oleh Tio Tek Hong, Batavia, pada awal abad ke-20), musik yang dipakai adalah musik gamelan Jawa. Sedang pada masa lakon ini dimainkan oleh Opera Bangsawan, irama wals dan tango masuk pula. Itu bukti bahwa lakon ini memang universal.

Inilah lakon melodramatis, disampaikan secara kocak dan dibungkus dengan tarian dan musik. Sebuah gurauan pahit remaja bercinta yang juga masih bisa dinikmati oleh para orang tua. Sebuah lakon tentang wanita yang menganggap sanggup merubah citra dirinya, tetapi pada akhirnya tetap tidak bisa lari dari keputusan keluarga. Meski keputusan itu tidak disukainya. Inilah emansipasi yang kalah oleh tradisi.

Sampek-Engtay adalah sebuah cermin. Dan Teater Koma akan memanggungkannya tetap dengan gayanya yang khas.

 

SYNOPSIS

By showing every persuasive way, at the end Engtay succeeded in convincing her parents that entering school is the best choice for her. She then goes to Batavia where she meet Sampek. Engtay is put in the same room with Sampek because nobody ever suspects that in fact she is a woman. It it understandable for she disguised herself as a man.

Love finally found its way. Engtay nearly surrender herself to sampek who at the end knows what she really is. Engtay told Sampek the truth. She has really taken up by this young man’s honesty – which she often calls it stupidity. Just imagine. They have been sleeping together for nearly a tear and he doesn’t even know her real identity.

Unfortunately their love is not predestined. For precisely when their body was going to meet, Engtay was called home to be wedded to her fiance, Ma Tjoen. Sampek felt very depressed and hurt, fall out of love. This misery brought/caused his death. He was then burried under given signs requested by Engtay : the graveyard should lie on the east side facing west, with a blue grave stone engraved clearly with the youth-name on it.

When Ma Tjoen succeeded in bringing his bride to Rangkas Bitung riding a bridal lifter, Engtay again ask him for another favour : She wants to pray beside Sampek’s grave yard. It’s a fate of marriage! When the ceremony began, the graveyard suddenly opened. Engtay jumped in to be re-united with her lover. Ma Tjoen was really furious. He dug the grave but couldn’t find either the body of Sampek or Engtay. On the other hand, he found only a pair of blue stone, a pair of yellow bees and a pair of butterflies that fly high toward the sky.

This classical China play was being adapted by N. Riantiarno and most of the events are removed to Banten area. There is no modifying in its structure, only there are some accessories given as “flowery acts” to be a reminder that SAMPEK-ENGTAY has many versions. In Ludruk for example. It was presented differently from the Gong in Bali. And we could also find the dissimilarity when this play was being staged by Dardanella or the Opera Bangsawan in the early 20th century.

TEATER KOMA’s version, Engtay is a girl from Banten who lives in Serang; Sampek comes from Pandeglang and Ma Tjoen, her fiance, is the son of Chinese Chief Captain in Rangkas Bitung. The arrangement of the music is also influenced by the Chinese, Sundanese and Betawi’s origin with the modern sounds fused into one to give a uniwue harmony. It’s quite legal. For example : when this play was being Javanized by a certain group (recorded by Tio Tek Hong, Batavia, at the beginning of the 20th century), the music was played with Javanese gamelan instrument; and also when this play was presented by the Opera Bangsawan they used waltz in their music. So it is proof enough that this play has a universal characteristic.

This is a melodramatical play. Presented in a jestical way wrapped in music and dancing. A bitter joke about two young lovers which can also be enjoyed by elderly audience. A story of a young woman first believe that she can change her destiny, but at the end she accept her family decisions without any foghts although she despised it. This is the very image of tradition conquered emantipation.

Sampek-Engtay is a mirror of life. Teater Koma is going to reveal it with its spesific style.


PARA PEMAIN

SALIM BUNGSU ----

IDRIES PULUNGAN ----

SARI MANUMPIL ----

DIDI PETET ----

TARIDA GLORIA ----

OTONG LENON ----

RATNA RIANTIARNO ----

ALEX FATAHILLAH ----

DUDUNG HADI ----

RITA MATU MONA ----

ANNEKE SIHOMBING ----

JOSHUA D. PANDELAKI ----

BOEDI ROS ----

DORIAS PRIBADI ----

ROMA GIA ----

SRIYATUN LEGIOWATI ----

ASMIN TIMBIL ----

BUDI SOBAR ----

LILI NURINDAH SARI ----

NASRI WIJAYA ----

JUK NG ----

LINDA SAHAB ----

---- Dalang

---- Sampek

---- Engtay

---- Tjiok

---- Nyonya Tjiok

---- Liang

---- Nyonya Liang

---- Guru

---- Soe Kioe

---- Soei Hiang

---- Djien Sim

---- Kapten Yo

---- Ma Tjoen

---- Antong, Murid

---- Romeo, Murid, Pengiring

---- Yuliet, Murid, Pengiring

---- Pronocitro, Murid, Pengiring

---- Adipati Wiraguna, Murid, Pengiring

---- Roro Mendut, Pengiring

---- Murid-1, Orang, Murid, Pengiring

---- Murid, Orang

---- Murid, Pengiring


 PARA PEKERJA

Naskah Karya ----

Lakon Versi ----

Asisten Sutradara ----

Penata Artistik ----

Penata Musik ----

Penata Gerak ----

 

Penata Rias ----

Desain Poster/Buku Acara ----

Penatra Grafis ----

Artistik Foto ----

Penata Cahaya ----

Penata Suara ----

Urusan Artistik ----

 

 

Urusan Karcis ----

 

Urusan Musik ----

Para Pemusik ----

 

 

Urusan Cahaya ----

Urusan Latihan ----

Pencatat ----

Urusan Dokumentasi ----

Urusan Pemasaran/Sponsor ----

 

Urusan Administrasi ----

Urusan Humas/Publikasi ----

 

 

Urusan Keuangan ----

Urusan Umum/Keamanan ----

 

Urusan Konsumsi ----

 

Pimpinan Panggung ----

Sutradara ----

---- ANONIM

---- N.RIANTIARNO

---- JOSHUA D. PANDELAKI

---- SJAEFUL ANWAR

---- IDRUS MADANI

---- EDI MULYANA,

---- RACHMAYATI NILAKOESOEMAH

---- SUBARKAH HADISARDJANA

---- JIM BARY ADITYA

---- GEMBONG TAWANG ALIN

---- RIZAL PAHLEVI

---- M. THAIB (GKJ)

---- HERMUNTORO (GKJ)

---- DINI, NASRI WIJAYA, ROMA GIA, TANTIO ADJIE,

---- FERRY, INDRA LOGO SITUMORANG,

---- ICUK, AWAN P. SIMATUPANG

---- BENNY NOR NUGRAHA,

---- SARI MANUMPIL, BUDI ROS

---- BOEDI INDERA CAHAYA

---- IDRUS MADANI, BOEDI INDERA CAHAYA,

---- IBNU HAKIM, EKO PARTITUR, DONI,

---- TIKO, M.M. JASIN BURHAN

---- BOEDI SOBAR & STAF GKJ

---- BOEDI ROS

---- NASRI WIJAYA, ASMIN TIMBIL

---- DESMAIZAL ZAINAL

---- RATNA RIANTIARNO, SARI MANUMPIL,

---- RONNY M. TOHA, TIM TEATER KOMA

---- DORIAS PRIBADI

---- GEDUNG KESENIAN JAKARTA,

---- DORIAS PRIBADI, RATNA RIANTIARNO,

---- TIM TEATER KOMA

---- ASMIN TIMBIL

---- TONY TOKIM, DUDUNG HADI,

---- RIAN MEGA

---- ANNEKE SIHOMBING, TARIDA GLORIA,

---- TJIE TJIN SIANG, ASMIN TIMBIL

---- NASRI WIJAYA

---- N. RIANTIARNO